0

Nodemcu Lolin Sebagai Pengendali Relay Dari Web Page

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum teman-teman dimanapun berada semoga senantiasa selalu berada di lindungan Allah SWT. Pada project kali ini kita akan belajar menggunakan Nodemcu untuk mengendalikan relay dari web page. Oh iya bagi yang belum tau Nodemcu itu apa, saya kasih penjelasan singkatnya ya. Nodemcu merupakan papan pengembangan dari keluarga ESP8266 tipe ESP12E. Secara fungsi, Nodemcu hampir menyerupai seperti Arduino hanya yang membedakan adalah modul Nodemcu ini sudah dibekali modul Wifi didalamnya yang dapat berfungsi sebagai hotspot dan bisa dihubungkan ke hotspot. pada project kali ini kita akan menggunakan Nodemcu sebagai hotspot.

Sudah ada sedikit gambaran kan mengenai Nodemcu. Pada project ini kita akan mencoba untuk mengendalikan relay lewat web page, dimana nantinya kita hanya perlu membuka web page tersebut lewat HP maka kita akan bisa untuk menghidupkan atau mematikan relay.

Tanpa banyak basa basi lagi kita masuk ke tahap pertama, menyiapkan bahan-bahan yang akan kita gunakan pada project kali ini, yaitu : 

Nodemcu Lolin

Bahan yang pertama kali kita butuhkan yaitu Nodemcu Lolin, kenapa? karena jenis ini termasuk jenis yang mudah ditemui di pasaran Indonesia.

Relay

Modul Relay, disini saya menggunakan jenis relay yang menggunakan  optocoupler. Oh iya pastikan kalian juga memakai yang jenis ini ya, karna jika modul relay nya tidak memakai optocoupler hanya indikator led nya saja yang berfungsi sementara relay nya tidak berfungsi.

Kabel Jumper

Sudah di persiapkan semuanya? Mari kita lanjut ke wiring rangkaian nya. Perhatikan gambar dibawah ini, ikuti wiringnya dan pastikan wiring kabel nya sudah benar, jangan sampai salah karna nanti rangakain tersebut jadi tidak berfungsi.

Wiring

Sudah? sudah di pastikan betul-betul wiringnya? selanjutnya kita masuk ke kode programnya.

//Masukan nama wifi dan password yang akan dibuat
const char *ssid = "NgulikID";
const char *password = "NgulikSpot";

“NgulikID” menandakan bahwa hotspot yang dipancarkan oleh Nodemcu akan bernama NgulikID kalian bisa ganti namanya sesuai dengan yang kalian inginkan. Dan “NgulikSpot” artinya password yang harus kalian gunakan jika ingin menghubungkan ke wifi tersebut, kalian pun bisa menggantinya jika kalian ingin.

//Pin yang digunakan
int Relay1 = D5;
int Relay2 = D6;

saya mengganti pin D5 dan D6 menjadi Relay1 dan Relay2 untuk memudahkan dalam pemrograman. Untuk hal lainnya bisa kalian pelajari dalam source code yang saya kasih.  Kalian bisa download di bawah ini :

Untuk passsword nya kalian bisa liat melalui video kami :

https://youtu.be/r7dW-laLvVY

Hasil percobaan dari tutorial diatas

Terima kasih buat kalian yang sudah menyimak sampai akhir, semoga ini bemanfaat untuk kalian. Oh iya terakhir saya minta support kalian untuk mengunjungi instagram kami di @idngulik (jangan lupa follow hehe) dan kunjungi kami di youtube Ngulik ID (subscribe ya :D). Sekian dari saya, mohon maaf bila ada salah-salah kata dan apabila ada yang kurang di mengerti kalian bisa menghubungi kami melalui IG. Wassalamualaikum stay safe dan sering-sering cuci tangan ya.

rp.rusdiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *